Aplikasi Updesa : Download dan Cara Pengaturannya

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya Aplikasi Updesa versi 1.0 resmi dirilis di playstore.

 

Jauh dari kata sempurna, namun saya berharap, dengan adanya aplikasi ini bisa sedikit membantu bagi pemula yang ingin belajar ilmu desa.

 

Ide awal sebelum saya merilis aplikasi ini karena merasa miris dengan minimnya pembelajaran ilmu desa yang ada internet.

 

Berbekal motivasi yang tinggi tanpa didukung ilmu teknologi yang mumpuni, akhirnya saya berhasil mendirikan Updesa Media Online atau yang lebih dikenal Updesa pada saat ini.

 

Bukan tanpa hambatan saya membangun situs ini. Selain saya harus membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, kemudian di malam harinya saya baru bisa meluangkan waktu untuk menulis.

 

Namun akhirnya, Updesa menjelma menjadi salah satu situs besar yang banyak digemari dan menjadi rujukan didalam mempelajari ilmu desa.

 

pengguna updesa

Terbukti, berdarkan hasil analitik google di tahun 2019, Updesa mampu menjaring 700 ribu lebih pengguna dengan tayangan halaman situs lebih dari 1,5 juta.

 

Angka yang ” wow ” buat anak yang tinggal di pedalaman, kesulitan jaringan internet dan kurang memahami teknologi seperti saya.

 

Namun, angka-angka diatas bukanlah tujuan utama saya membangun situs ini. Tujuan utama saya hanyalah ingin berbagi ilmu.

 

Berbagilah ilmu (tangan diatas) maka mentalmu menjadi mental orang kaya dan hanya masalah waktu saja Allah akan menunjukanmu sumber-sumber kekayaan lewat firasat/ide/inspirasi/intuisi dan ilmu yg jauh berlimpah dari yang kamu bagi (berlipat-lipat) sehingga fikiranmu tercerahkan, tidak gelap gulita dan terus menerus dalam kebingungan.

 

“Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

 

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

 

“Ikatlah ilmu dengan menuliskannya,” begitu kata Imam Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah.

 

“Riset peneliti Dr Stephen membuktikan bahwa seseorang menjadi
penulis karena banyak membaca.”

 

Bukankah nabi Muhammad mendapat wahyu pertama disuruh ber-IQRA (membaca atau bacalah)?

 

 

Terlepas dari itu semua. Intinya, saya hanya ingin lebih mempermudah lagi didalam anda mendapatkan informasi yang terbaru dan terupdate tentang desa.

 

Salah satu caranya ialah menggunakan aplikasi.

 

Karena kita tahu bahwa dengan aplikasi, ketika informasi tersebut di push, maka secara otomatis pengguna akan mendapatkan notifikasi.

 

Nah, untuk itu saya menyarankan anda untuk segera mendownload Aplikasi Updesa dan mengaktifkan notifikasi agar tidak ketinggalan ketika updesa melakukan update informasi.

 

Bagi anda yang tidak memahami cara mengaktikan notifikasi, nanti saya akan jelaskan dibawah.

 

Tapi sebelum itu, silahkan download aplikasinya melalui link dibawah ini.

 

 

1. Download 

 

Link download

 

Kemudian bagi anda yang berusaha mencari di google playstore saya yakin untuk saat ini masih sulit ketemu.

 

Bukan karena tidak ada aplikasinya ya. Mungkin karena baru rilis sehingga letaknya masih dibawah.

 

Tapi saya yakin dengan dukungan anda, cepat atau lambat ketika sudah banyak yang mendownload, maka dengan sendirinya akan muncul dibagian atas.

 

Ada 2 keyword yang bisa anda gunakan, ketika anda mencari Aplikasi Updesa di playstore.

 

Silahkan ketik ” updesa.com ” atau “updesa” (huruf kecil semua), kemudian scrol terus kebawah maka mudah2an anda akan menemukanya.

 

aplikasi updesa

 

Setelah itu, anda donwload ( melalui link diatas atau di playstore ) kemudian instal dan tunggu beberapa saat kemudian anda buka.

 

 

2. Menu

 

Setidaknya ada 3 menu utama dan 11 kategori menu pilihan yang tersedia di Aplikasi Updesa.

 

Menu Posting

 

  1. Beranda
  2. Bumdes
  3. Inovasi Desa
  4. Keuangan Desa
  5. Lembaga Desa
  6. Pemerintah Desa
  7. Pendamping Desa
  8. Siskeudes
  9. Website Desa

 

Menu Media

 

  1. Video Siskeudes

 

Sosial Media

 

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. Twitter

 

Katerori menu-menu pilihan diatas akan terus kami update menyesuaikan perkembangan kebutuhan dan program-program desa yang berasal dari Pemerintah.

 

 

3. Setting/Pengaturan

 

 

Bagi anda yang telah berhasil mendownload lalu menginstal Aplikasi Updesa.

 

Anda bisa melakukan beberapa pengaturan mulai dari setting ukuran teks, notifikasi,pemberian rating dan komentar di playstore hingga menandai item favorit untuk nanti bisa baca kembali.

 

Caranya :

 

Silahkan anda buka Aplikasi Updesa kemudian dibagian kanan atas ada tanda titik tiga kemudian anda tekan.

 

Ada 2 pilihan. Setting dan item favorit.

 

Silahkan pilih  setting dulu

 

setting updesa apps

 

Kemudian silahkan atur dibagian ini.

 

menu penaturan updesa

 

Saya sih menyarankan hanya tiga menu yang perlu disetting. mulai dari ukuran teks kalau mau diubah, notifikasi jika anda ingin membutuhkan notif jika ada update dan terakhir beri rating.

 

Catatan : Silahkan beri rating dan ulasan aplikasinya. Hal ini penting untuk keberlanjutan dan peningkatan kualitas Aplikasi Updesa kedepanya.

 

Dan yang paling terakhir, silahkan baca artikel yang mana yang anda suka kemudian dibagian bawah ada tulisan Favorit silahkan tekan untuk menyimpan dan kemudian nanti bisa dibuka di Item Favorit atas.

 

Mungkin itu sedikit gambaran mengenai Aplikasi Updesa. Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa sedikit membantu sekaligus memberikan manfaat agar seluruh desa di Indonesia bisa maju bersama.

 

Terakhir. Saya ucapkan terima kasih banyak bagi yang telah mendo’akan, sehingga aplikasi bisa hadir ditengah-tengah kita semua.

 

Dan sekali lagi, saya minta bantu kawan-kawan yang kebetulah telah mendownload agar bisa di share ke seluruh temen-temen yang ada di desa agar mereka pun ikut belajar.

 

Sebagai penutup ada kata-kata bagus tentang Do’a.

 

JANGAN PERNAH MEREMEHKAN DOA

 

Karena Doa dapat merubah apa yang telah ditakdirkan…Karena doa
dapat melawan bala dan musibah, bahkan sampai hari kiamat!

 

Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan bermanfaat sikap hati-hati dari takdir Allah dan doa akan bermanfaat dari sesuatu yang telah terjadi dan dari yang akan terjadi, sesungguhnya bala akan benar-benar turun lalu dihadang oleh doa, lalu keduanya saling dorong mendorong sampai hari kiamat.” HR. Al Hakim dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’. No. 7739.

 

Terima kasih.