3 Strategi Jitu Buat Website Desa Anda Terkenal

Sudah capek – capek buat website desa tetap saja masih tidak terkenal.

 

Padahal anggaran pembuatan website desa sekarang sudah lumayan besar, apalagi jika website desanya selfhost tanpa menumpang di platform blogger.

 

Tentu ada tambahan biayanya seperti sewa hosting, beli tema , beli plugin, maintance dan sebagainya.

 

Bahkan ada juga lho, klien saya yang pernah dibohongi oleh oknum jasa pembuatan website yang ada di internet.

 

Ketika sudah deal rundingan, uangnya sudah transfer ke rekening penyedia, eh malah website desanya tidak kunjung selesai.

 

Kasihan,kan ?

 

Oleh karena itu, saya berpesan kepada Anda, yang kebetulan saat ini sedang mencari jasa pembuatan website desa di internet. Pandai – pandailah memilih dan memilah yang benar – benar dapat dipercaya.

 

Tidak perlu tergoda dengan  harga murah yang ditawarkan, apalagi gratis, sudah dapat dipastikan tentu hasilnya pun tidak akan maksimal.

 

Jangan pula Anda mencari harga yang begitu mahal, tapi tidak tahu, spesifikasi apa yang akan Anda dapatkan.

 

Ya pokonya standar sajalah sesuai dengan kekuatan budget yang ada di Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDes ) Anda.

 

Dan perlu Anda ketahui bahwa Budget standar untuk rata – rata anggaran pembuatan website desa  selfhost itu sekitar 2,5 sampai 3,5 jutaan lah.

 

Kemudian, untuk contoh detail RAB pembuatan website desa yang bisa Anda masukan ke APBDes,silahkan lihat gambar dibawah :

 

rab pembuatan website desa

 

Gambar diatas merupakan contoh invoice untuk paket medium yang biasa saya berikan ke klien ketika mereka sudah lunas membayar dan membutuhkan bukti untuk melengkapi SPJ/LPJ mereka.

 

Bukti invoice itulah yang bisa Anda jadikan Rencana Anggaran Biaya untuk selanjutnya dimasukan kedalam struktur APBDes yang Anda buat.

 

Oy,…

 

Bila Anda kebetulan sedang membutukan jasa buat website desa yang dapat dipercaya dengan hasil maksimal kemudian Anda membutuhkan bukti untuk melengkapi LPJ.

 

Mungkin Anda bisa menggunakan jasa saya dengan menghubungi kontak :

Phone/sms : +628 23 7185 5858

Whatsapp : Link

Atau bisa baca dahulu artikelnya disini  : Jasa Pembuatan Website Desa

 

Kembali ke artikel utama, tentang bagaimana cara buat website desa jadi terkenal, ikuti beberapa langkah dibawah ini…

 

Cara Jitu Buat Website Desa jadi Polular

 

 

1. Konten Berkualitas

 

content is the king

 

Ada istilah yang mengatakan content is the king / konten adalah raja.

 

Tidak ada blog atau website yang sukses, tanpa menyuguhkan konten yang berkualitas,pembahasan mendalam, dan lengkap.

 

Yang saya maksud konten berkualitas disini, ialah konten yang benar – benar menjadi solusi ataupun rujukan untuk mengatasi permasalah yang sedang di hadapi bagi mereka yang sedang membutuhkan.

 

Pembahasan permasalahan atau solusi tersebut harus dapat dipercaya dan dapat diterapkan di dunia nyata,bukan pemahasan yang berasal dari imajinasi atau  cerita fiktif  dari sang penulis.

 

Untuk dapat menulis konten yang berkualitas dengan pembahasan mendalam, berikut ini beberapa tipsnya yang mungkin bisa Anda gunakan…

 

Tips #1 : Buat Struktur Tulisan

 

Yang saya maksudkan struktur disini ialah struktur yang akan mempermudah Anda didalam menyusun alur tulisan, sehingga tulisan anda jelas arahnya dari mana memulai,membahas dan mengakhiri.

 

Anda bisa membuat alur tulisan dengan membuat judulnya terlebih dahulu,daftar isi atau poin – point penting yang akan di sampaikan ke pembaca.

 

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin menulis tentang ” Panduan Siskeudes “, maka kemungkinan daftar isin atau point pentingnya adalah sebagai berikut :

 

a. Apa itu siskuedes

b. Bagaimana cara mendownload dan mengistallnya

c. Bagaimana cara menginput penganggarannya

d. Bagaimana cara mempostingnya

e. Bagaimana cara melakukan penatausahaannya

f. Bagaimana cara mengatasi jika ada error

g. Dsb.

 

 

Tips #2 : Cari Sumber Referensi dan Contoh

 

Sumber referensi disini, bisa Anda dapatkan dengan cara membaca buku ataupun membaca artikel – artikel yang sejenis yang ada di internet.

 

Dari beberapa sumber atau bahan bacaan yang Anda dapatkan, kemudian bisa dikumpulkan menjadi satu kedalam sebuah rangkuman, setelah itu tulis poin – poin pentingnya dan barulah Anda kembangkan menjadi sebuah konten.

 

Untuk dapat mengembangkan sebuah konten berkualitas bahkan konten yang mampu bersaing di urutan pertama google, ada 3 hal yang perlu Anda lakukan.

 

Pertama : Mengamati

 

Mengamati dalam hal ini merupakan tindakan mencermati atau lebih tepatnya menganalisa mana saja kelebihan dan kekuarangan dari konten sejenis milik pesaing.

 

Kedua : Meniru

 

Meniru bukan berati copy paste ya, meniru dalam konteks ini ialah meniru tentang bagaimana cara pesaing menyuguhkan konten,menata bahasa, dan mempengaruhi pembaca.

 

Terakhir : Melengkapi

 

Dari hasil analisa point (1) dan (2) diatas, biasanya pasti ada – ada saja beberapa kekurangan. Entah itu dalam penyampaian,contoh dan sebagainya.

 

Nah, dalam hal ini Anda tinggal melengkapi saja kemudian bahas secara jauh lebih mendalam dari apa yang disuguhkan konten pesaing.

 

 

Tips #3 :  Harus Orisinal  [ no copyright ]

 

Tips ketiga, merupakan tips yang paling penting menurut saya pribadi dibandingkan tips satu (1) dan dua (2) dalam membuat konten yang berkualitas.

 

Ambruknya sebuah website/blog/situs biasanya disebabkan karena adanya indikasi tindakan copyright/copy paste yang dilakukan penulis dalam membuat sebuah artikel.

 

Malas menulis dan maunya update tiap hari merupakan masalah pelik yang dihadapi para blogger dan freelance saat ini.

 

Oleh karena itu, untuk membuat website desa anda menjadi terkenal dan terjaga reputasinya, maka hindarilah hal hal semacam itu.

 

Akan lebih baik, Anda menulis seadanya namun hasil kreatifitas dari pemikiran Anda sendiri dibandingkan menulis yang begitu panjang namun dari hasil copy paste.

 

Itulah ketiga tips bagaimana cara membuat konten berkualitas dan pastinya mampu bersaing yang bisa Anda terapkan dalam membangun sebuah website desa.

 

 

2. Promosi

 

promosi

Tidak ada website desa yang polular tanpa adanya promosi.

 

Promosi itu penting…

 

Bahkan lebih penting dari pada menerbitkan sebuah konten setiap harinya.

 

Makanya banyak website desa yang sudah punya ratusan artikel tapi tetap saja pengunjungnya masih puluhan hingga ratusan per harinya.

 

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan menjelaskan, bagaimana strategi promosi yang paling efektif agar website desa anda cepat terkenal.

 

 

1. Sosialisasi dan Ubah Pelayanan Desa melalui Website

 

Ini cara paling mudah supaya website desa anda cepat dikenal masyarakat dan tentunya akan menambah pengunjung tiap harinya.

 

Tidak ada tirk rahasia, tinggal sosialisasi dan arahkan masyarakat agar menggunakan pelayanan desa melalui website.

 

Misalkan ada suatu pertemuan rutin baik ditingkat Desa,Dusun, atau tingkat RT sekalian saja diperkenalkan link website desa Anda, kemudian jelaskan kepada mereka bahwa sekarang ini pelayanan baik itu surat – menyurat ataupun lainnya sudah bisa diakses melalui website.

 

Kira – kira seperti itu.

 

Mudah,kan ?

 

Saya sendiri pun dahulu pernah melakukan hal serupa ketika masih bekerja di desa dan hasilnya cukup memuaskan untuk mendompeng alur pengunjung di website tiap waktunya.

 

 

2. Buat Banner atau Stiker

 

Tiap tahunnya pasti ada – ada saja banner berukuran besar ataupun stiker yang biasa dibuat oleh Desa untuk ditempatkan di jalan ataupun didepan kantor desa.

 

Hal ini bisa di manfaatkan untuk sekalian menulis link website desa Anda, baik itu dibawah ataupun diatas banner yang akan Anda pasang.

 

Trik promosi semacam ini juga lumayan berhasil lho, karena masyarakat yang biasa lalu lalang dijalan sewaktu waktu akan membaca banner dan penasaran untuk mendapakan info lebih lanjut terkait informasi yang ada di link tersebut.

 

 

3. Guest ke Blog – Blog  Desa Besar

 

Trik promosi yang satu ini merupakan trik paling berhasil menurut saya.

 

Disamping traffik, kita juga akan mendapatkan backlink berkualitas yang nantinya akan mendongkrak peringkat website kita di google.

 

Sebenarnya ini cara paling mudah untuk mendapatkan backlink.

 

Guest blog juga tidak terlalu sulit.

 

Anda cukup buatkan beberapa topik yang relevan,menarik dengan pembahasan yang mendalam dengan bahasa senatural mungkin dengan website desa yang akan Anda promosikan.

 

Setelah itu, jangan lupa cantumkan link menuju website tersebut. Kemudian cari kontaknya dan email lalu katakan bahwa Anda telah mencantumkan link menuju website desa mereka.

 

Mudah – Mudahan jika mereka tertarik, mereka dengan senang hati  menshare artikel kita ke audiens mereka.

 

Nah, dengan strategi sederhana seperti ini, biasanya saya mendapatkan ribuan pembaca baik dari facebook atau twitter perharinya.

 

Itulah 3 strategi promosi yang efektif dan hemat biaya yang mungkin bisa Anda tiru untuk mendapatkan traffik.

 

 

3. Rajin Update Informasi

 

update artikel

 

Walaupun diatas tadi saya mengatakan bahwa promosi itu lebih penting dari pada menerbitkan konten setiap harinya.

 

Tapi update informasi juga tidak kalah penting.

 

Selain bisa mendatangkan pengunjung baru, update informasi juga bisa mendokrak posisi kita di mesin pencari.

 

Lalu, update informasi yang seperti apa ?

 

Tentunya informasi yang banyak di butuhkan oleh masyarakat luas, dan bukan hanya informasi seputar apa yang ada di desa kita saja.

 

Lalu caranya bagaimana ?

 

Caranya cukup simple kok.

 

Anda banyak – banyak lah membaca dan mengumpulkan informasi terkait topic yang sedang viral baik di medsos ataupun media cetak, kemudian coba untuk membahas secara detail dan berikan solusi yang relevan.

 

Mudah,kan ?

 

Itulah ketiga strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat website desa Anda makin popular dan terkenal di kalangan masyarakat luas.

 

Namun starategi tersebut akan sia – sia tanpa di iringi usaha dan do’a. Intinya jangan pernah menyerah dan lakukan beberapa strategi lainya jika itu bisa buat website desa Anda menjadi terkenal.

3 Strategi Jitu Buat Website Desa Anda Terkenal | Maryadi | 4.5