Cara Upload IDM 2024 Untuk Masing-Masing Kuisioner

Setelah kuisioner IDM 2024 yang Anda input kedalam masing-masing template sudah terisi semua. Langkah selanjutnya, ialah melakukan upload kuisioner satu persatu ke situs Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendesa PDTT.

 

Untuk cara uploadnya, itu sangat mudah sekali.

 

Pertama, Anda hanya tinggal login ke situs IDM Kemendesa menggunakan username dan password yang Anda sudah miliki ke alamat [ini]. Bila Anda belum mengerti cara login IDM 2024 bisa baca artikel yang saya tulis [sebelumnya]

 

Kemudian, setelah Anda berhasil login. Di menu BERANDA, silahkan arahkan kursor Anda kebawah pada menu KUISIONER 2024 [tampilan dekstop atau laptop]. Setelah itu, Anda tinggal klik saja menu tersebut.

 

Tampilan menu KUISIONER 2024 adalah sebagaimana gambar yang saya lampiran berikut ini.

 

Kuisioner IDM 2024
Gambar screenshot lampiran KUISIONER IDM 2024/sumber updesa

 

Kemudian setelah menu KUISIONER IDM 2024 terbuka. Langkah selanjutnya, Anda tinggal scrol kebawah, dan cari satu persatu template kuisioner yang ingin Anda upload lebih dulu.

 

Perlu diketahui, untuk tahun 2024 ini, setidaknya ada 7 (tujuh) kuisioner IDM yang perlu kita upload ke situs IDM Kemendesa PDTT.

 

Ketujuh kuisioner IDM 2024 itu adalah :

 

  1. Kuisioner perangkat desa,
  2. Kuisioner musyawarah desa,
  3. Kuisioner tidak layak huni,
  4. Kuisioner RT belum berlistrik,
  5. Kuisioner Badan Usaha Milik Desa,
  6. Kuisioner KPMD Posyandu, dan
  7. Kuisoner stunting.

 

Dari ketujuh kuisioner yang telah saya sebutkan di atas. [mengulangi kata-kata saya sebelumnya] Silahkan Anda pilih, kuisioner mana yang ingin Anda pilih lebih dulu untuk Anda upload.

 

Saya akan berikan contoh salah satu cara upload IDM 2024 untuk kuisioner perangkat desa….

 

Setelah itu Anda bisa melanjutkan sendiri mengupload keseluruhan kuisioner yang Anda miliki berdasarkan data-data yang telah Anda input sebelumnya.

 

Kuisoner perangkat desa itu dapat kita upload pada bagian IDENTITAS DESA pada daftar pertanyaan indeks desa membangun nomor 132.

 

Tampilan screenshoot unggah kuisioner perangkat desa sebagaimana gambar yang saya lampirkan dibawah ini.

 

Gambar lampiran pertanyaan IDM 2024 nomor 132
Gambar lampiran pertanyaan IDM 2024 nomor 132 untuk unggah kuisioner perangkat desa/ sumber updesa

 

Setelah Anda menenemukan daftar pertanyaan tersebut. Silahkan Anda klik tombol “Choose File” dan cari dimana Anda meletakkan data template kuisoner perangkat desa itu. Setelah menemukan Anda klik tombol “Open” dan terakhir Anda tinggal mengunggahnya dengan mengklik tombol “Unggah”.

 

Bila berhasil, maka data-data yang sebelumnya Anda input kedalam kuisioner itu akan terbaca dan terisi secara otomatis kedalam daftar pertanyaan dalam situs IDM 2024.

 

Begitulah cara upload IDM 2024 secara singkat kedalam situs IDM Kemendesa. Mudah kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk mengupload semua kuisioner IDM yang Anda miliki.