5 Rekomendasi Bisnis Online di Masa Covid-19 bagi Warga Desa

Saya tidak akan menjelaskan rekomendasi ini secara dakik-dakik layaknya situs-situs yang lebih dulu mempublikasikan tentang bisnis online.

 

Saya paham dan sepakat, bahwa tidak semua warga desa itu sama dalam memahami sesuatu hal, baik itu aturan ataupun yang berbau online.

 

Oleh karena itu, diperlukan trik khusus, untuk menyampaikan segala sesuatu dengan bahasa paling sederhana tanpa iming-iming yang terkesan tidak masuk akal di mata Mereka. Meskipun pada kenyataanya itu benar dan real.

 

Nah untuk itulah, pada kesempatan ini, Saya akan mencoba menjelaskan serta merekomendasikan beberapa bisnis online yang masuk akal menyesuaikan kondisi desa ditengah pandemi Covid 19.

 

 

Rekomendasi Bisnis Online bagi Warga Desa di Masa Covid-19

 

 

1. Jual Makanan/Sayur Matang Via Medsos

 

bisnis online

 

Di masa pandemi ini, kita akan lebih sering berada dirumah tanpa melakukan sesuatu yang berarti dibandingkan biasanya.

 

Bagi ibu-ibu desa, kondisi ini tentu akan terasa menjengkel-kan. Disamping mereka biasa  petanan (cari kutu rambut) sambil merumpi dibawah pohon selepas pulang dari ladang.

 

Akan tetapi, kondisi itu mulai jarang sekali Saya lihat, karena mereka harus berjaga jarak dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

 

Namun lain ceritanya dengan Ana, kawan saya semasa kuliah dulu yang suaminya terkena dampak pengurangan karyawan dari sebuah perusahaan di Jakarta.

 

Sekembalinya dari Jakarta, dia pun mencoba berjualan apapun termasuk makanan siap saji dan sayur matang via online dengan memanfaatkan akun medsosnya.

 

Alhasil, dengan ketekunannya itu. Dia mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan besar dibandingkan gaji suaminya dulu sebelum adanya pandemi corona.

 

Nah, bisnis inipun bisa Anda coba. Bagi Anda kaum Hawa ataupun Adam yang memang kebetulan hobi dalam bidang masak-memasak.

 

 

2. Dropshipping

 

Dropshipping

 

Pernah lihat gak tetangga anda mengeposkan gambar jualan online melalui medsos-nya ataupun langsung menawakan ke Anda melalui wasap ?

 

Kalau pernah itu yang disebut dropshipper.

 

Bisnis yang satu ini, termasuk salah satu bisnis online yang sangat saya gemari. Disamping tanpa modal, Saya pun tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk membuat gudang penyimpanan sendiri layaknya reseller.

 

Saya hanya cukup menjualkan produk dari orang lain sesuai harga yang sudah disepakati. Kemudian, apabila ada pembeli yang membayar melalui Kita, maka selisih harga itulah yang menjadi keuntungan.

 

Bagi anda yang kebetulan berminat untuk menjadi dropshipper, ada beragam platform online terpercaya yang bisa Anda coba. Sebut saja dropshipin, yuk dropship dan lain sebagainya.

 

 

3. Menjadi Penulis Freelance/Kontributor Media Daring

 

Freelance

 

Sudah pernah katakan di artikel ( sebelumnya ). Apabila Anda belum memiliki blog pribadi, namun hobi di bidang tulis menulis.

 

Ada baiknya, bakat anda tersebut disalurkan terlebih dahulu ke platform-platform freelancer.

 

Saat ini banyak sekali platform-plaform freelancer/media berita daring yang siap menampung dan membuka kesempatan untuk para penulis dan kontributor.

 

Bahkan, mereka rela membayar dengan harga yang lumayan, bila artikel anda berhasil terpublish di platform mereka.

 

Oleh karena itu, penulis freelance/kontibutor masuk dalam salah satu kategori bisnis online yang Saya rekomendasikan untuk bisa anda coba.

 

Namun, tidak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel yang baik dan menarik.

 

Sehingga, Anda perlu mengamati dan belajar tentang bagaimana serta seperti apa gaya penulisan yang diminati, dengan melihat artikel-artikel yang berhasil terpublish di sebuah platform tertentu.

 

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi penulis freelance bisa coba ke Mojok, Sribulancer dan lainnya.

 

 

4. Jadi Youtuber

 

Youtuber

 

Menjadi youtuber itu cukup mudah. Tinggal buat akun menggunakan email, kemudian login, lalu upload video maka Anda akan sukses di dunia youtube.

 

Benar begitu?

 

Belum tentu.

 

Banyak dari Mereka yang gagal bahkan menyerah ditengah jalan, gara-gara videonya tidak ada yang menonton dan jumlah subscribernya kecil. Sehingga, untuk memenuhi persyaratan monetize saja tak mampu.

 

Jadi youtuber itu harus cerdas, apalagi Anda buka seorang artis yang bicara “say hello” kemudian minta “subscribe” lalu langsung di subscribe oleh para subscriber.

 

Buat konten video itu jangan biasa-biasa saja. Setidaknya ada pembeda-lah, agar setiap video yang Anda upload mempunyai ciri khas sendiri.

 

Serius.

 

Kalau konten video anda mirip, ataupun hampir sama layaknya dengan konten-konten yang sudah ada di beranda youtube.

 

Maka sudah bisa dipastikan, Anda tergolong orang-orang peng-ekor yang tidak akan pernah bisa berhasil.

 

Untuk dapat sukses di dunia youtube, pahami dulu apa passion anda. Setelah itu kembangkan menjadi sebuah video yang bermanfaat.

 

Mudah-mudahan, dengan passion serta kolaborasi yang dibuat menjadi video.

 

Nantinya, Anda akan akan lebih mudah untuk dikenal sehingga peluang untuk menghasilkan pendapatan melalui bisnis online akan semakin besar.

 

Saya pribadi telah membuktikan.

 

Bedanya Saya belum terkenal, layaknya Atta Halilintar ataupun Rans Entertaiment. Namun Saya bersyukur, karena Saya sudah bisa memperoleh 2 hingga 5 dollar tiap harinya.

 

 

5. Menjadi Blogger

 

Blogger

 

Blog/Website merupakan diary ataupun jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru dibagian halaman atas.

 

Simplenya begini, saat ini kan Anda membaca updesa, ya kan? Dan kita sepakat bahwa updesa itu hanya membahas isu-isu dan informasi seputar desa.

 

Inilah yang dinamakan blog/website.

 

 

Lalu bagaimana cara membuat website/blog ?

 

 

Sederhana.

 

Cara mudah membuat website yang pertama ialah harus memiliki nama brand yang akan Anda jadikan alamat web/blog.

 

Tapi, perlu ingat !

 

Memilih nama brand jangan asal, usahakan yang mudah diingat dan tidak menggunakan tanda (-) ataupun mirip dengan brand-brand besar yang sudah ada.

 

Karena apa ?

 

Karena semakin mudah di ingat, maka peluang brandmu terkenal akan semakin besar, dan tentunya tidak ada masalah di kemudian hari.

 

Intinya kembangan brand milik sendiri ajalah.

 

Kemudian, baru yang kedua membeli ekstensi domain. Banyak sekali penyedia domain murah di internet.

 

Akan tetapi, apabila Anda ingin yang free tanpa membayar sepeserpun, Anda punya peluang mendapatkan domain gratis melalui bagi-bagi domain yang sering diselenggarakan Niagahoster

 

Baru yang terakhir, menghubungkan domain itu ke hosting. Hosting bisa sewa ataupun menggunakan gratisan melalui blogger yang disediakan google.

 

Nah setelah semuanya terhubung. Artinya anda sudah memiliki  blog yang siap untuk di isi konten atau artikel.

 

Pengunjung secara otomatis akan datang ke website/blog anda, jika dirasa konten atupun artikel yang anda buat benar-benar berkualitas serta memecahkan permasalahan mereka.

 

Semakin banyak pengunjung yang datang, maka akan semakin besar peluang anda mendapatkan penghasilan.

 

Anda beragam kerjasama yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi. Sebut saja google adsense, content placement, affiliate, banner partner, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis online di masa pandemi Covid-19 yang nyata dan bisa anda coba.

5 Rekomendasi Bisnis Online di Masa Covid-19 bagi Warga Desa | Maryadi | 4.5