Manfaat Website Desa dan Contoh RAB Pembuatannya

Sebenarnya apa sih manfaat website desa ?

 

Itulah pertanyaan yang sering muncul, ketika kita hendak, atau ingin membuatkan sebuah website untuk desa kita.

 

Sebagai orang yang telah lama bekerja di pemerintahan desa. Awalnya saya sempat berikir dan memiliki pertanyaan sama, seperti apa yang sedang alami kebanyakan orang.

 

Namun lama kelamaan saya pun menyadari dan memahami, bahwa website desa itu sangat penting manfaatnya.

 

Disamping untuk mempermudah publikasi kepada masyarakat, juga untuk menghadapi persaingan industri 4.0 yang semakin ketat era ini.

 

Jadi, jika kita berhenti melangkah, maka sudah bisa dipastikan, desa kita akan tertinggal dengan desa lain yang memanfaatkan sistem informasi guna penunjang kinerja pemerintahan mereka.

 

Makanya saya sempat heran, ketika waktu itu saya menawarkan jasa pembuatan website desa bagi mereka yang belum bisa membuat sendiri.

 

Kok saya lihat responya minim amat.

 

Padahal saya tahu, dengan jumlah anggaran yang begitu besar dan program pembuatan website desa juga masuk kedalam prioritas dana desa 2020 . Tidak mungkin lah sebuah desa tidak dapat menganggarkan.

 

Anggaran pembuatan website desa kan murah. Kalau saya hitung-hitung gak sampai 5 (lima) juta pertahunya, jika menggunakan cms seperti wordpress ataupun jomla.

 

Namun, lain ceritanya jika membuatnya menggunakan cms sendiri ditambah dengan aplikasinya. Maka nilai diatas akan bertambah berkali-kali lipat.

 

Ya, kalau secara sederhana, kurang lebih contoh rab pembuatan website desa seperti ini rincianya.

 

rab pembuatan website desa

screenshoot rincian biaya pembuatan website desa

 

Dengan angka segitu.

 

Jadi tidak mungkin lah ya ? kedepan desa tidak bisa menyisihkan anggaran untuk pembuatan website desa.

 

Toh, semua itu juga kan demi mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan pemerintah desa dalam melayani. Iya,kan.

 

 

7 Manfaat Website Desa

 

 

1. Publikasi Informasi Desa

 

Publikasi dalam hal ini, bukan hanya untuk publikasi APBDes ataupun Laporan Realisasi Penggunaan Dana Desa saja.

 

Publikasi bisa berupa pengumuman, kegiatan-kegiatan terbaru desa ataupun peraturan yang baru disahkan oleh desa.

 

Nah, dengan adanya website desa. Publikasi akan semakin mudah serta akses informasi akan langsung tersebar kepada masyarakat dalam hitungan menit bahkan detik.

 

Selain itu, yang paling penting ialah masyarakat akan semakin percaya kepada pemerintah desa, karena mereka tidak perlu lagi bertanya kepada pihak ketiga tentang informasi sensitif perihal penganggaran dan realisasi APBDes yang biasa mereka pertanyakan.

 

Jadi dalam hal ini, website desa pun bisa berfungsi sebagai penangkal informasi yang tidak tepat yang ditimbulkan oleh pihak ketiga atau pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

2. Sarana Penilaian Lomba Desa

 

Kita tahu bahwa saat ini, website desa masuk dalam salah satu kategori penilaian dalam ajang lomba desa yang diadakan di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Pusat.

 

Jadi mau tidak mau, kita harus mempersiapkan sedini mungkin untuk membangun sebuah website desa agar tampak profesional dan terupdate dengan baik informasinya.

 

Tidak mungkinkan, dalam waktu singkat kita mampu mempersiapkan seluruh data dengan baik untuk di upload ke sebuah website. Sedangkan ajang lomba desa waktunya semakin dekat dan website desa menjadi salah prioritas penilaian.

 

Maka saya katakan diatas, persiapkan sedini mungkin untuk membangun sebuah website desa agar hasilnya maksimal.

 

 

3. Pelayanan Surat Menyurat Online

 

Perkembangan ilmu digital memaksa kita untuk hidup lebih mudah dengan akses informasi dan pelayanan yang begitu cepat.

 

Bahkan seluruh layanan bisa kita akses melalui android tanpa harus keluar dari rumah. Sebagai contoh seperti pembayaran iuran jaminan kesehatan, listrik, kredit, belanja online, dll.

 

Nah, kalau kita tidak dapat memanfaatkan hal tersebut, untuk mengubah pelayanan terutama pelayanan surat menyurat yang ada di desa.

 

Maka, saya yakin lama kelamaan kita akan tertinggal dan masih menggunakan sistem manual seperti zaman dahulu.

 

4. Tempat Menyimpan Data Desa

 

Bayangkan jika kita sudah merekap seluruh data penduduk berhari-hari , kemudian hilang dalam sekejap hanya karena laptop atau komputer kita rusak hardisknya.

 

Apa tidak pusing.

 

Dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di website desa. Saat ini pun kita juga dapat menyimpan data desa kedalam server. Baik berupa data penduduk,rumah tangga, kelompok ataupun calon pemilih pemilu.

 

Jadi, apabila sewaktu-waktu data kita hilang. Maka kita sudah mempunyai file backup yang tersimpan di website.

 

 

5. Tertib Administrasi

 

Salah satu masalah ataupun kendala yang biasa dihadapi perangkat desa ialah sulitnya untuk menertibkan administrasi.

 

Jika ada, itupun masih berbentuk manual dan terkadang untuk penomoran masih acak-acaknya alias tidak berurutan serta sewaktu-waktu bisa hilang.

 

Untuk menghindari hal tersebut. Kita bisa memanfaatkan website desa untuk melakukan pencatatan administrasi secara otomatis dan hasilnya langsung bisa diprint out serta cara ini juga bisa mencegah praktek suap yang terjadi.

 

 

6. Sarana Pengaduan Masyarakat

 

Tanpa anda sadari bahwa sekarang ini banyak sekali isu negatif yang berkembang ditengah-tengah masyarakat terkait pengelolaan dana desa.

 

Untuk menghindari efek makin meluas isu negatif, karena ketidakpahaman masyarakat desa.

 

Selain dengan cara sosialisasi yang dilakukan secara masif, pemerintah desa pun dapat memanfaatkan fitur pengaduan yang tersedia dalam website desa.

 

Dengan fitur tersebut, masyarakat akan lebih dimudahkan dalam proses pengawasan pembangunan desa.

 

Dan apabila terjadi praduga penyelewengan, maka masyarakat bisa langsung mengisi formulir pengaduan secara online.

 

Pejabat terkait sebagai pelaksana kegiatan bisa lebih mudah mendapatkan informasi kemudian mengklarifikasi apabila informasi tersebut tidak benar.

 

7. Sarana Promosi Produk Unggulan Desa

 

Walaupun kita mempunyai produk mutakhir dan modern yang ampuh untuk menangkal virus corona seperti isu yang berkembang akhir-akhir ini.

 

Kalau tidak adanya promosi, maka saya yakin produk tersebut akan sulit laku dipasaran karena minimnya informasi yang didapatkan oleh masyarakat.

 

Begitu juga dengan potensi atau produk unggulan desa. Sebagus apapun desa anda mempunyai sumber daya, kalau tidak dipromosikan maka akan sulit berkembang.

 

Makanya saya pernah mengatakan ke pemerintah desa, bahwa promosi merupakan salah satu faktor penting untuk menopang sebuah keberhasilan.

 

Ada banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai alat promosi. Namun menurut saya yang lebih efektif dan murah ialah menggunakan website.

 

 

Kesimpulan

 

Saya sudah jelaskan secara lengkap tentang manfaat website desa. Memiliki website desa itu sangatlah penting. Setidaknya terdapat 7 manfaat dari website desa yang dapat saya rangkum sebagai berikut :

 

 

  1. Sebagai Sarana Publikasi Informasi Desa
  2. Sebagai Sarana Penilaian Lomba Desa
  3. Sebagai Sarana Pelayanan Surat Menyurat Online
  4. Sebagai Tempat Menyimpan Data Desa
  5. Menjadikan Adminstrasi Lebih Tertib
  6. Sebagai Sarana Pengaduan Bagi Masyarakat
  7. Sebagai Sarana Promosi Produk Unggunan dan Potensi Desa.

 

Saya pun telah memberikan gambaran contoh rab pembuatan website desa yang bisa dimasukan kedalam APBDes. Jadi, tugas anda sekarang hanyalah membuat website desa yang mampu dikases secara online oleh siapa saja.

 

Terakhir, apabila anda membutuhkan jasa pembuatan website desa sesuai kualifikasi dari beberapa manfaat yang telah saya sebutkan diatas.

 

Bisa menghubungi kami melalui whatshapp melalui kontak berikut ==> kontak kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Manfaat Website Desa dan Contoh RAB Pembuatannya | Maryadi | 4.5