Updesa Bersama Pasarkampung.id Mengembangkan Pasar Online Berbasis Digital

Pasarkampung.id merupakan satu-satunya calon pasar online kampung berbasis digital yang ada di Provinsi Lampung.

 

Tujuan pengembangan pasar ini ialah untuk mempermudah warga kampung didalam membeli ataupun menjual produk yang mereka miliki ditengah penyebaran pandemi virus covid-19.

 

Sebenarnya, sudah sejak lama saya mempunyai ide ini. Namun karena keterbatasan waktu, sehingga saya pun selalu menunda-menunda ketika hendak mengembangkannya.

 

Disamping alasan yang saya sebutkan diatas, sebenarnya ada alasan pelik yang menurut saya berat, jika tidak ada suport pendanaan ataupun pembinaan dari pemerintah, baik itu pemerintah pusat, provinsi, ataupun kabupaten.

 

Akan tetapi, karena niat saya sudah bulat, walaupun minim modal. Akhirnya saya pun mengandeng Pemerintah Kampung Sukajaya Kecamatan Anak Ratu Aji Kabupaten Lampung Tengah untuk bekerja sama menyelesaikan desain awal pasar online berbasis kampung ini.

 

Tidak banyak yang saya bicarakan kepada mereka. Saya hanya membutuhkan support pemuda untuk ikut membantu mengembangkan serta mempromosikan pasar online ini.

 

Ya, jika biasanya ecommerce/marketplace langsung bekerja sama dengan para UMKM sebagai konsep pengembangan platformnya.

 

konsep ecommerce

Konsep Ecommerce/Marketplace (biasa digunakan)

 

Namun, akan berbeda dengan konsep yang akan anut platform pasarkampung.id.

 

Platform Pasar kampung akan lebih memfokuskan pemberdayaan pemuda sebagai konsep pengembanganya.

 

konsep pasarkampung.id

Konsep kerja yang akan diterapkan pasarkampung.id

 

Suatu contoh, misal ada sebuah produk dari UMKM ataupun warga kampung yang berada dalam suatu wilayah RT ataupun Dusun.

 

Maka, pemuda-pemuda itulah yang akan bertangungjawab menfasilitasi dan memasarkan produk-produk tersebut melalui vendor yang disedikan platform ini.

 

Sehingga terjadi-lah pemberdayaan serta tambahan penghasilan bagi pemuda, baik itu berbentuk fee dari UMKM karena berhasil menjualkan produknya ataupun dari fee yang telah disediakan pasarkampung.id.

 

Akan tetapi, skema ini jelas akan sulit sekali dijalankan diawal. Disamping belum berpenghasilan, kami pun minim modal untuk dapat mempromosikan pasar online ini agar cepat terkenal.

 

Nah, untuk itulah, kami menggandeng pemerintah kampung disalah satu Kabupaten Lampung Tengah untuk dapat diajak kerja sama guna mempromosikan sekaligus menyiapkan pemuda-pemuda yang ingin ikut diberdayakan melalui platform ini.

 

Terakhir, kami pun membuka tangan selebar-lebarnya bagi Pemerintah Provinsi Lampung ataupun Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang ingin ikut berpartisipasi dalam memberikan pembinaan supaya platform ini dapat berkembang juga meningkatkan ekonomi masyarakat desa ditengah pandemi covid-19.

 

Bagi yang kebetulan ingin melihat-lihat bagaimana desain toko online kampung berbasis digital ini, silahkan langsung ke ( link ini ).

Updesa Bersama Pasarkampung.id Mengembangkan Pasar Online Berbasis Digital | Maryadi | 4.5