Updesa

Cara Mudah Input RPJM Desa Siskeudes 2020

Cara input visi misi desa telah kita bahas sebelumnya, pada artikel ini saya akan membahas secara tuntas tentang bagaimana cara menginput RPJM Desa dan RKP kedalam Aplikasi Siskeudes 2020.

 

LIHAT VIDEO

 

Untuk mempermudah saya menjelaskan. Sengaja saya siapkan modul materi, namun pastinya belum mewakili keseluruhan dengan RPJM dan RKP Desa yang ada ditempat anda.

 

Akan tetapi, dengan adanya modul ini, saya yakin anda akan sedikit mendapatkan gambaran tentang bagaimana sih sebenarnya cara menginput RPJM dan RKP Desa kedalam Siskeudes secara baik dan benar.

 

Bagi anda yang mau belajar, silahkan download dulu modul melalui link dibawah ini. Dan selanjutkan kita akan membahasnya secara langsung bersama-sama.

 

Link : Modul Sederhana RPJMDesa dan RKP 

 

 

Langkah Mudah Input RPJMDes dan RKPDes ke  Siskeudes 2020

 

Langkah Pertama : Anda masuk ke Aplikasi Siskeudes 2.0.2 kemudian pilih menu Data Entri tekan menu Perencanaan menggunakan mouse setelah terbuka klik  Data Umum dan RPJMDesa lalu pilih menu RPJMDesa.

 

Tampilan menu awal di RPJMDesa akan tampak seperti gambar dibawah

 

 

 

Langkah kedua : Tambahkan seluruh bidang mulai bidang penyelenggaraan pemerintah desa sampai dengan bidang pemberdayaan masyarakat desa.

 

Caranya : Klik Tambah pilih tanda [titik tiga] di kode kemudian pilih salah satu nama bidang lalu klik Pilih dan terakhir Simpan.

 

Lalukan berulang cara diatas, sampai bidang 1 dan bidang 4 terisi di form bidang.

 

Jika benar, maka hasilnya akan seperti ini.

 

 

Langkah ketiga : Untuk dapat memasukan nama sub bidang dimasing-masing nama bidang cara cukup mudah.

 

Tinggal klik 2 kali dinama bidang setelah jendela form terbuka Klik Tambah pilih tanda [titik tiga] di kode kemudian pilih salah satu nama sub bidang lalu klik Pilih dan terakhir Simpan.

 

Lakukan hal yang sama untuk memasukan seluruh nama sub bidang dimasing-masing nama bidang yang ada di modul diatas.

 

Sehingga jika kita lihat salah satu hasil dari nama sub bidang yang telah kita input. Maka hasilnya seperti dibawah.

 

 

Langkah keempat : Kita akan memasukan Rancangan RPJMDes kedalam nama sub bidang dan nama bidang.

 

Caranya : Klik 2 kali pada nama sub bidang lalu setelah masuk di form kegiatan, klik Tambah pilih tanda [titik tiga] di kode kemudian pilih salah satu nama kegiatan ( jangan simpan ) lengkapi dahulu sas restra, lokasi, keluaran, sasaran/manfaat dan centang tahun pelaksanaan serta pelaksanaan kegiatanya dilakukan seperti apa barulah yang terakhir klik Simpan.

 

Maka hasilnya akan seperti dibawah.

 

 

Langkah kelima : Perlu anda ketahui bahwa ketika kita melakukan pengisian menu dana indikatif sama artinya kita telah membagi rancangan RPJM Desa tersebut menjadi pertahun.

 

Secara sederhana begini, ketika kita sudah menginput dana indikatif  artinya kita sudah membuat RKP Des juga.

 

Bisa dipahami, kan ?

 

Untuk caranya : Klik pada salah satu nama bidang yang kita pilih. Setelah itu klik Tambah dan lengkapi form mulai dari tahun sampai dengan pola kegiatan dan terakhir klik Simpan.

 

Lakukan hal yang sama seperti cara diatas, sampai semua tahun dimasing-masing RKP Desa yang dibuat terinput.

 

Kurang lebih hasilnya seperti dibawah

 

 

Langkah terakhir : Untuk mengetahu hasil dari semua Rancangan RPJM Desa yang telah kita input.

 

Silahkan arahkan mouse di nama kegiatan kemudian klik menu Cetak. Maka hasilnya seperti ini.

 

 

Kesimpulan

 

Saya telah menjelaskan bagaimana langkah-langkah melakukan penginputan RPJM dan RKP Desa ke Aplikasi Siskeudes versi terbaru.

 

Apabila langkah-langkah yang saya tulis menggunakan artikel kurang jelas, silahkan tonton saja video diatas. Semoga bermanfaat