Siskeudes R.2.0.3 : Fleksibel Perubahan APBDes Berkali-kali

Siskeudes R.2.0.3 resmi dirilis secara daring oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 17/11.

 

Sistem Informasi Keuangan Desa atau yang lebih akrab disebut Siskeudes ini mengalami sejumlah penambahan fitur baru. Setelah kita tahu bahwa di bulan sebelumnya, yaitu 30 Juni yang lalu ada update versi Siskeudes 2.0.2

 

Lalu apa yang baru dari Siskeudes ini ?

 

Berikut ini beberapa fitur tambahan yang terdapat dalam Siskeudes R.2.0.3 guna mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel di masa pandemi :

 

  1. Fleksibilitas perubahan APBDes lebih dari satu kali
  2. Penyiapan menu laporan pelaksanaan Belanja Tak Terduga (BTT)
  3. Penyiapan laporan konsolidasi BTT di tingkat Kab/Kota
  4. Penyiapan laporan penyerapan BLT-DD
  5. Penyiapan menu otoritas user disempurnakan
  6. Penyiapan informasi ID_Billing di pencairan SPP untuk CMS
  7. Penyiapan laporan SPP-pencairan-CMS Bank

 

Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh berbagai operator desa, setelah melakukan perubahan APBDes berkali-kali di versi sebelumnya.

 

Salah satu dan yang paling sering ditanyakan kepada saya ialah tidak munculnya menu SPP ketika ingin melakukan penatausahaan.

 

Saya tidak tahu pasti, apakah kendala ini disebabkan oleh bug atau karena aplikasi Siskeudes sebelumnya belum siap untuk mengantisipasi perubahan APBDes yang tahun ini lebih dari dua kali.

 

Semoga dengan adanya fitur tambahan yang disebutkan di poin (1), bisa sedikit membawa angin segar sehingga Siskeudes makin oke lagi serta apa yang komitmen kita bersama bisa segera bisa terwujud.

 

Kemudian, ada Cash Management System (CMS) dalam fitu tambahan lain.

 

Dimana sistem ini akan memproteksi transaksi keuangan. Sehingga, apabila ada transaksi pengeluaran keuangan tanpa dilengkapi bukti transaksi pertanggungjawaban yang lengkap. Maka fitu ini akan secara otomatis menolak mencatat.

 

Kemudian yang terakhir, bagi kawan-kawan operator siskeudes/desa yang ingin mendapatkan Siskeudes versi terbaru ini, bisa mengirim surat ataupun mendatangi Dinas PMD terdekat dimasing-masing Kabupaten/Kota.

 

Dan jika memang anda sudah memiliki file data APBDes 2021 berbentuk ektension mde, namun belum memiliki file Siskeudes versi ini.

 

Anda bisa langsung mendapatkanya melalui link berikut : Download Siskeudes 2.0.3

 

Catatan : untuk username dan password bisa minta di Dinas PMD dan jangan lupa tambahkan logo bmp untuk dapat menggunakannya.

Siskeudes R.2.0.3 : Fleksibel Perubahan APBDes Berkali-kali | Maryadi | 4.5