Pendampingdesa.org : Kirim CV dan Surat Pernyataan TPP

Ada yang menurut saya menarik perihal perpanjangan kontrak pendamping desa yang akan dilakukan oleh Kementerian Desa tahun ini.

 

File CV atau Curicculum Vitae dan juga Surat Pernyataan Bersedia Dikontrak Kembali yang biasanya hanya dikirim via wasap atau email ke Pejabat Pembuat Komitmen di Satker P3MD Provinsi.

 

Akan tetapi, pada tahun ini, harus juga dikirim ke Kementerian Desa.

 

Hal ini, mungkin ada kaitanya, dengan kabar santer yang menyebutkan bahwa pendamping profesional desa akan dikontrak dengan sistem multiyears (2 tahun).

 

Awalnya, saya agak sedikit ragu dengan sistem pengirim file menggunakan gmail yang di instruksikan oleh Kementerian Desa dan di CC-kan ke Koordinator Pendamping Wilayah (KPW) Provinsi juga TA P3MD Kabupaten.

 

Bagaimana bisa, Kementerian Desa dapat me-manage data pendamping desa sebanyak itu hanya dengan menggunakan gmail.

 

“Ok-lah kalau jumlahnya hanya puluhan atau ratusan email yang masuk. La wong ini puluh ribu atau seluruh pendamping desa yang ada di Indonesa. Bagaimana cara menyortinya?,” tanya saya dalam hati sambil berpikir agak mustahil untuk dilakukan dengan cepat.

 

Namun, kemustahilan saya itu terjawab sudah.

 

Tepatnya siang tadi, saya dikirimi kawan saya sebuah surat edaran bernomor 520/PMD.04.01/XII/2020 dari Dirjen PMD Kemendesa PDTT.

 

Dalam isi surat itu, disebutkan : sehubungan dengan ada kendala teknis dalam pengiriman dan pengumpulan dokumen CV da surat pernyataan pendamping desa, maka dilakukan perubahan teknis terkait pengumpulan-nya.

 

Dari yang awal menggunakan gmail. Tapi sekarang beralih melalui google form di situs pendampingdesa.org

 

“Nah, kalau beginikan enak Kementerian Desa memanage data-nya,” ucap hati saya.

 

Akan tetapi, ada permasalah lain terkait situs yang saya yakini akan digunakan sebagai situs pemantau kinerja pendamping desa, seperti yang sudah banyak disebutkan banyak media online akhir-akhir ini.

 

Selain tidak secure (tanpa dilengkapi SSL) dan mudah down. Situs inipun belum muncul di beranda mesin pencarian Google dan/atau mesin pencari lain.

 

Dan akibatnya, para pendamping desa agar sedikit bingung ketika ingin mengakses untuk mengirimkan CV dan surat pernyataan mereka.

 

Namun anda tidak perlu kuatir, karena saya akan membantu membuatkan tutorialnya. Sekaligus, anda pun bisa mengakses situs tersebut melalui updesa.

 

 

Tata Cara Upload Dokumen CV dan Surat Pernyataan di Situs Pendampingdesa.org

 

 

Langkah pertama yang perlu anda lakukan hanya mengklik link ini : pendampingdesa.org atau copy langsung link ini http://pendampingdesa.org/ dan tempel ke browser anda.

 

Kemudian setelahnya, baru login menggunakan akun gmail pada menu “login dengan google”

 

login pendampingdesa.org

 

Note : apabila belum memiliki akun gmail, silahkan klik menu “daftar/login disini” dan mengisi form untuk mendapatkan akun google (gmail).

 

Setelah berhasil masuk, silahkan isi data pendamping sesuai format yang diminta :

 

  1. Isi nama lengkap : sesuai nama yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  2. Masukan nomor handphone yang aktif,
  3. Pilih posisi jabatan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) masing-masing,
  4. Pilih alamat : dari alamat Provinsi hingga ke tingkat Desa (loadingnya agak lama tunggu saja),
  5. Browse file : siapkan file CV dan surat pernyataan berektensi pdf maksimal berukuran 2MB, dan
  6. Terakhir klik menu “simpan” dan selesai

 

Bagi anda yang telah berhasil mengirimkan datanya, maka screenshotnya tampak seperti gambar dibawah ini.

 

pendampingdesa.org

 

 

Update :

 

Selanjutanya, bagi anda yang kebetulan saat ini sedang mengakses situs pendampingdesa.org dan ingin kirim CV pendamping desa dan juga surat pernyataan pendamping desa namun sedang error.

 

tampilan situs http://www.pendampingdesa.org

Kondisi terkini situs http://www.pendampingdesa.org/

 

Mohon bersabar dan tunggu jeda, karena situs tersebut saat ini sedang di migrasi ke kapasitas server yang jauh lebih besar untuk menampung pengunjung dari seluruh pendamping Indonesia secara bersamaan.

 

 

Pendamping.kemendesa.go.id : Upload CV dan Surat Pernyataan TPP Kemendes

 

 

Karena ada kendala teknis, untuk sementara waktu situs pendamping desa.org di alihkan ke sub domain situs resmi Kementerian Desa, PDTT.

 

Bagi rekan-rekan yang belum bisa upload CV pendamping desa dan surat pernyataan.

 

Silahkan klik link ini : https://pendamping.kemendesa.go.id/ atau copy langsung link  : pendamping.kemendesa.go.id dan tempel ke google atau mesin pencari lain yang terinstal di smartphone atau laptop anda.

 

Silahkan share ke rekan-rekan pendamping desa yang lain, agar semuanya bisa segera mengirim dan mengumpulkan dokumen sebagaimana yang saya sebutkan diatas. Semoga bermanfaat

Pendampingdesa.org : Kirim CV dan Surat Pernyataan TPP | Maryadi | 4.5