Download RAB Kegiatan Pendataan SDGs Desa 2021

RAB kegiatan pendataan SDGs Desa itu masuk bidang : penyelenggaraan pemerintah Desa, sub bidang : administrasi kependudukan, pencatatan sipil, statistik dan kearsipan serta masuk pada kegiatan : penyusunan/pendataan/pemutakhiran profil Desa.

 

Begitu bila saya melihat matrik kolaborasi antara Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan juga Permendesa PDTT Nomor 13 Tahun 2020 beserta membaca parameter yang terdapat pada aplikasi Siskeudes versi 2.0.3

 

kolaborasi antara permendagri dan permendes

Matrik Kolaborasi antara Permendagri No 20/2018 (kiri) dan Permendesa PDTT No 13 Tahun 2020 (kanan)

 

parameter siskeudes 2.0.3

Parameter Siskeudes 2.0.3 untuk Tahun 2021

 

Sebetulnya saya agak riskan, bila diminta untuk menuliskan artikel yang berhubungan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Desa.

 

Karena apa? Antar satu Desa dengan Desa yang lain itu jelas berbeda kebutuhannya.

 

Dan saya tidak ingin, ketika artikel ini sudah terbit. Contoh RAB yang saya tulis ini, mutlak menjadi panduan tanpa ada yang diubah. Begitu yang kerap kali saya jumpai.

 

Tapi karena banyaknya inbok yang ditujukan kepada saya, agar dibuatkan contoh RAB operasional tim pendata Desa atau lebih dikenal dengan sebutan RAB kegiatan pendataan SDGs Desa.

 

Akhirnya saya menyetujui untuk mempublikasikan artikel ini, dengan catatan : ini hanyalah sebuah asumsi dan tidak mutlak dijadikan rujukan.

 

Baca juga : Aplikasi SDGs Desa : Download, Login, dan Penggunaanya

 

Mari kita mulai untuk membahasnya.

 

Dilihat dari Permendesa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Pasal 18 ayat (1) dan (2).

 

Setidaknya ada 5 (lima) item komponen pendanaan yang perlu dimasukan kedalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), guna memenuhi kebutuhan pendataan SDGs Desa yang dibebankan pada Dana Desa.

 

contoh RAB pendataan SDGs Desa

Komponen Pendanaan Kegiatan Pendataan SDGs Desa

 

Kelima komponen pendanaan itu pun tidak mutlak. Bisa kurang bisa lebih. Sesuai dengan kewenangan Desa dan apa yang diputuskan dalam hasil musyawarah Desa.

 

Sehingga, bila kita asumsikan, dengan data seperti ini..

 

Jumlah Relawan Desa:     25 Orang
Jumlah Kepala Keluarga (KK):   900 KK
Jumlah Rukun Tetangga (RT):     27 RT
Jumlah Penduduk:3.000 Jiwa

 

Maka, kira-kira contoh RAB-nya seperti dibawah ini

 

 

Download Contoh RAB kegiatan pendataan SDGs Desa

 

 

Download file pdf

 

Download file excel

 

Baca juga : Pemutakhiran Data SDGs Desa 2021