Cara Upload Laporan DRP ke Sipemberdayaan Desa

Kemarin siang, kalau tidak salah. Saya mendapatkan notifikasi info terbaru dari aplikasi Daily Report Pendamping Desa disingkat DRP.

 

Salah satu isinya, meminta agar Tenaga Pendamping Profesional (TPP) untuk dapat melakukan update aplikasi DRP ke versi 2.0 yang tersedia di playstore atau dapat diunduh melalui alamat ( ini ).

 

Kemudian, apabila terjadi kendala, atau aplikasi dari si DRP-nya itu tidak dapat melakukan updating secara otomatis. Maka, versi yang lama bisa kita unistal. Selanjutnya, kita bisa men-download ulang aplikasi Daily Report Pendamping Desa dengan versi yang terbaru, baik itu aplikasi mobile ataupun Anda yang terbiasa menggunakan aplikasi Daily Report Pendamping Desa PC atau laptop.

 

Untuk cara login dan cara pengisian Daily Report Pendamping Desa pu masih sama, yaitu menggunakan NIK sebagai username dan password yang terdaftar di Kementerian Desa PDTT.

 

Lalu, ini yang tidak kalah penting, selain info updating aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas.

 

Diharapkan, mengutip dari info DPR, agar pendamping juga dapat mendownload atau mencetak laporan harian pendamping tahun 2021, tepatnya di bulan April, yang kemudian hasil cetak tersebut, selanjutnya dikirimkan ke loker elektronik Sipemberdayaan Desa di alamat : http://sipemberdayaandesa.kemendesa.go.id/.

 

Tujuannya, tambah info DRP, untuk memudahkan persiapan kontrak Pendamping Desa tahun 2022.

 

Bagi Anda (TPP) yang belum memahami cara upload file laporan daily report ke Sipemberdayaan Desa, berikut saya uraikan singkat caranya.

 

 

Cara Upload File Laporan Pendamping Desa ke Sipemberdayaan Desa

 

 

Langkah pertama, tentunya Anda harus mendownload terlebih dahulu file laporan pendamping bulan April 2021 di DRP.

 

Caranya :

 

Login ke aplikasi daily report yang Anda miliki, kemudian buka menu profil yang terletak di pojok kanan bawah.

 

Selanjutnya, apabila menu profil telah terbuka, lalu scrol kebawah dan klik tombol menu LAPORAN disamping tombol SINGKRON DATA atau di bawah menu AKTIFITAS SAYA.

 

Selanjutnya lagi, apabila menu LAPORAN sudah terbuka, tinggal pilih tanggal mulai dan tanggal selesai di bulan April dari tanggal 1 hingga 30.

 

Terakhir, tinggal klik menu CETAK LAPORAN dan mendownloadnya.

 

Setelah ter-cetak atau ter-download file laporan tersebut, silahkan pindahkan ke laptop. Kemudian Anda bisa me-rename file laporan itu, misal : file awal (laporan_01-04-2021-30-04-2021.pdf) menjadi (Laporan_DRP_TA/PD/PLD_April 2021.pdf ) dan/atau sesuai instruksi Kemendesa PDTT.

 

Hal ini bertujuan, agar Sipemberdaya Desa memahami bentuk file yang berbeda. Sehingga ketika upload file laporan pendamping tidak terjadi error atau muncul notifikasi seperti ini : {“error”:” The file name you submitted already exists on the server.<\/p>”} dikemudian hari.

 

Nah, setelah semua hal yang sudah saya sebutkan di atas dilakukan. Maka, langkah keduanya, Anda tinggal login, kemudian mengupload file itu ke situs Sipemberdayaan Desa Kemendesa.

 

Caranya :

 

Sesudah Anda login ke situs itu. Kemudian cari dan klik menu LAPORAN BULANAN di pojok kiri bawah atau di bawah menu BERKAS.

 

laporan bulanan sipemberdayaan desa

 

Gambar screenshootnya kurang lebih seperti di atas.

 

Setelah terbuka menu laporan itu, lalu Anda tinggal meng-klik tombol + UPLOAD LAPORAN

 

upload laporan harian pendamping desa

 

Selanjutnya, pilih bulan April dan Choose File (pilih file) dimana Anda menyimpan file tersebut, setelah itu tinggal klik open dan Simpan.

 

Maka, apabila berhasil, tampak hasil upload file laporan DRP yang terupload ke Si Pemberdayaan Desa akan seperti ini.

 

laporan daily report pendamping desa bulan april 2021

 

Silahkan klik hapus, pada menu edit, bila dirasa laporan yang Anda upload itu belum sesuai atau salah ketika memilih file.

 

Note : 

 

  • Sesuai info DRP, laporan yang dikirim ke loker elektronik ialah bulan April 2021 dan setiap awal bulan berikutnya.
  • Apabila butuh info lebih lanjut atau terjadi kendala, silahkan hubungi bapak Danar (081311220914), Dwi (08121314857), dan Salman (089667900212).

 

Terakhir.

 

Semoga artikel ini sedikit dapat membantu dan bermanfaat.