Template Web Desa Menarik dan SEO Friendly


Memiliki template web desa dengan design menarik,simple, dan enak dipandang merupakan idaman semua orang.


Design menarik bukan berarti rame.


Yang saya maksud design menarik disini ialah Seo Friendly ketika diakses oleh para pengunjung di segala browser.


Akhir akhir ini, saya banyak mengamati perkembangan website desa yang ada di Indonesia makin hari, makin banyak jumlahnya.


Akan tetapi, semua itu tidak diiringi dengan peningkatan kapasitas yang dimiliki oleh para pengelola website di masing masing desa tersebut.


Akibatnya, banyak sekali blog desa atau website desa yang mangkrak sehabis dibuat, dan bila ada pun yang berhasil di update, mereka kalah dalam pertarungan di mesin pencari google,bing ataupun yahoo.


Semua itu terjadi karena pengelola tidak paham tentang ilmu seo , asal asalan didalam memilih template web desa dan salah ketika memilih jasa pembuatan website desa pertama kali ( jika dipihak ketigakan ) tanpa adanya pendampingan setelahnya.


Oleh karena itu, saya akan sedikit memberikan gambaran, bagaimana cara memilih template web desa yang menarik dan Seo Friendly beserta contoh templatenya.


Namun, untuk ilmu seo dan bagaimana cara mengelola website desa yang baik dan benar, saya tidak bisa menjelaskanya disini.


Karena, jika dijelaskan disini akan panjang sekali dan pasti sulit dipahami. Untuk itu, mungkin Anda bisa mencarinya sendiri di Google untuk dipelajari, atau kalau tidak bisa undang saya secara langsung melalui whatshap ( disini ) untuk memberikan pelatihan ke pengelola web atau blog desa.


Ciri ciri Template Seo Friendly


Setidaknya, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan beberapa contoh template website desa yang saya rekomedasikan nanti dibawah.


Terlebih dahulu, saya akan menjelaskan kepada Anda, bagaimana sih sebenarnya ciri ciri template yang Seo Friendly itu ?


Berikut ini beberapa ciri tempalate Seo Friendly yang perlu anda ketahui…


1. Loadingnya Cepat Ketika di Akses

loading website


Study penelitian membuktikan, bahwa website atau blog yang ketika diangkses lebih dari 2 detik maka akan menghilangkan konversi pengunjung sampai 7 %.


Coba Anda bayangkan, jika pengunjung website desa Anda biasanya sehari bisa mencapai 10.000 orang dan gara gara ada penundaan loading 1 detik maka konversi pengunjung hilang 7 %.


Jika kita hitung maka 10.000 x 7% = 700 dan jika dikalikan 30 hari maka konversi pengunjung kita yang hilang mencapai 21.000 orang.


Apa gak sayang tu, hilang segitu banyak pengunjung dalam sebulan. Oleh karena itu , loading website menjadi faktor terpenting juga dalam pemilihan tema web atau blog desa yang akan anda gunakan.


Lalu Tools apa yang Bisa digunakan untuk mengukur kecepatan website atau blog ?


Sebenarnya banyak sekali tools yang tersebar di internet dan bisa digunakan untuk mengukur kecepatan sebuah website atau blog.


Namun, saya hanya merekomendasikan 2 tools yang menurut saya hasilnya paling sesuai dan pas untuk mengukur kinerja kecepatan sebuah website..


Nah 2 tools itulah yang bisa anda gunakan sebelum Anda benar benar memutuskan memilih sebuah tema website desa.


Bagaimana cara menggunakan 2 tools tersebut ?


Caranya cukup mudah, Anda googling saja di google kemudian ketik ” pagespeed insight” atau “gtmetrix” kemudian masukan URL website atau blog yang akan anda cek kecepatanya.


Misalkan, anda ingin mengecek kecepatan website updesa. Anda tinggal masukan saja URL updesa = https://updesa.com/ ke 2 tools diatas, maka akan langsung muncul hasilnya disana.


Kurang lebih hasilnya akan seperti dibawah :


Kecepatan loading versi GTmatrix

gtmetrix


Kecepatan loading versi mobile di pagespeed insight

pagespeed versi mobile


Kecepatan loading versi desktop di pagespeed insight

pagespdees versi dekstop


Berdasarkan hasil ukur kecepatan website menggunakan kedua tools diatas, updesa tidak jelek jelek amat sih dan masih sanggung bersaing dengan website lain dengan syarat konten juga harus berkualitas.


2. Harus Responsive

responsive website


Responsive disini berarti, template website desa yang Anda gunakan haruslah pas dan cocok diakses menggunakan perangkat sejenis apapun.


Mau dia perangkat dekstop,mobile,tablet atau handphone kelas atas.


Lalu bagaimana cara mengecek apakah template tersebut Responsive atau tidak ?


Ada 2 cara juga sih sebenarnya. Bisa mengakses melalui situs AMI atau langsung Inspect element melalui pc atau laptop Anda.


Tapi saya lebih menyarankan Anda menggunakan Inspect Element sih, disamping hasilnya sesuai juga mudah cara mengeceknya.


Misalkan lagi, kita mau mengecek apakah website updesa itu responsive atau tidak untuk semua perangkat.


Anda tinggal masuk saja ke website updesa melalui pc atau laptop, kemudian klik kanan dan pilih Inspect.

inspect


Setelah masuk ke Inspect, anda tekan tombol Ctrl + Shift + M atau klik toggle device toolbar di menu atas.

toogle divice toolbar


Nah setelah itu anda cek satu persatu untuk tahu, apakah template tersebut support di segala perangkat.


Sebagi contoh kita mau mengecek updesa menggunakan IPhone 6/7/8 maka hasilnya seperti gambar dibawah..

IPhone


Untuk yang lainya sih terserah anda, mau dicek menggunakn Galaxy S5 atau sampai IPad pro seperti apa yang ada dipihan diatas.


3. Navigasi Mudah Dipahami


Yang saya maksud navigasi disini ialah adanya tombol menu yang terletak disamping ataupun dibawah header yang memudahkan pengunjung jika ingin berpindah dari kategori satu ke kategori ataupun page lainya.


Jangan sampai pengunjung bingung ketika sudah berada di halaman website Anda, ada link teks baik di header maupun di footer ketika mereka mengklik link tersebut tidak berfungsi atau sesuai dengan tujuan halaman.


Berlaku juga jika Anda membuat link di postingan. Sebaiknya link tersebut dibuat mencolok dan jelas dengan warna yang berbeda dengan warna tulisan lainya.


Satu contoh link yang ada di postingan ini, yang saya taruh diatas tadi pada kalimat :

Semua itu terjadi karena pengelola tidak paham tentang ilmu seo , asal asalan didalam memilih template web desa dan salah ketika memilih jasa pembuatan website desa pertama kali ( jika dipihak ketigakan ) tanpa adanya pendampingan setelahnya.


Dikalimat ” jasa pembuatan website desa ” diatas, itu merupakan link perpindahan antar postingan satu ke postingan yang sengaja saya letakkan dengan dan warna yang berbeda.


Nah ketika ada pengujung yang mengklik link pada kalimat itu, maka secara otomatis mereka akan berpindah dengan cepat ke tujuan link tersebut.


Hal ini juga berfungsi sebagai Seo didalam menaikan page ranx postingan satu dengan yang lainya di serp engine browser.


Oleh sebab itu, pertimbangkan menu navigasi yang jelas sebelum anda memilih template untuk website desa Anda.


4. Kompatibel disegala jenis browser

browser


Selain pas atau kompatibel di segala jenis perangkat, baik itu dektop,mobile ataupun tablet.


Template web yang Seo Friendly ialah template yang tetap atau tidak berubah tampilannya jika akses menggunakan jenis browser apapun.


Banyak sekali jenis browser yang ada didunia, satu satu yang paling terkenal ialah chrome yang dikembangkan oleh perusahaan google.


5. Terintegrasi dengan sosial media

sosial media


Pada sekarang ini, jejaring sosial seperti facebook,twitter,intagram ataupun lainya mengalami perkembangan yang luar sangat pesat.


Bahkan rata-rata dalam sebulan sosial media seperti facebook mampu menarik pengunjung sampai 226.000.000 belum ditambah sosial media yang lainya.


Itulah mengapa, faktor terakhir sebagai ciri-ciri template web desa yang Seo Friendly ialah yang terintegrasi dengan sosial media.


Dengan adanya tombol tersebut, maka ketika pengunjung mengshare konten yang kita tulis maka akan langsung terhubung dengan jutaan orang yang berada di dashboard profil mereka.


Nah itulah penjelasan tentang ciri ciri template web atau blog desa yang Seo Friendly sebagai acuan didalam Anda memilih tampilah website yang akan Anda gunakan.


Berikut ini Contoh Template yang Seo Friendly dan Cocok Anda Gunakan

template web desa


Sebenarnya saya berfikir, untuk merekomendasikan beberapa daftar website desa di Indonesia, supaya dapat dijadikan referensi anda didalam memilih sebuah templated.


Namun, setelah saya melakukan pengujian, dan bolak balik mengeceknya, ternyata masih ada template web desa yang belum lulus uji dari segi kecepatannya,meskipun dalam segi tampilanya sudah begitu bagus dan menarik untuk dipandang.


Untuk itu, kemungkinan saya belum bisa merekomendasikannya template tersebut untuk Anda gunakan di web atau blog desa anda.


Oy, untuk template yang saya rekomendasikan dibawah, ada yang bersifat gratis ( download template free ) ada juga yang berbayar.


Ada yang dibangun menggunakan CMS WordPress atau juga yang dari blogger. Ya, biar anda punya banyak pilihanlah ya…Berikut ini beberapa jenis templatenya..


1. Superfast Template

template web desa superfast
Score Pagespeed Insight Mobile90
Score Pagespeed Insight Dekstop100
Score GTmatrixA (100%)
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score90
CmsWordPress
DownloadBerbayar
DemoLink


2. Divira AMP Template

Template Web Desa Divira AMP
Score Pagespeed Insight Mobile94
Score Pagespeed Insight Dekstop98
Score GTmatrixF ( 12% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score91
CmsWordPress
DownloadBerbayar
DemoLink


3. VioMagz AMP Blogger Template

Template Blog Desa Viomagz
Score Pagespeed Insight Mobile90
Score Pagespeed Insight Dekstop99
Score GTmatrixA ( 95% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score100
CmsBlogger
DownloadBerbayar
DemoLink


4. Nubie Fash Blogger Template

Template Web Desa Nubie Fast
Score Pagespeed Insight Mobile95
Score Pagespeed Insight Dekstop100
Score GTmatrixA ( 97% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo ScoreInspect No Support
CmsBlogger
DownloadBerbayar
DemoLink


5. Fasthink Template

Template Website Desa Fasthink
Score Pagespeed Insight Mobile91
Score Pagespeed Insight Dekstop100
Score GTmatrixA ( 93% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score100
CmsWordPress
DownloadBerbayar
DemoLink


6. Ignite Template

Template Web Desa Ignite
Score Pagespeed Insight Mobile94
Score Pagespeed Insight Dekstop100
Score GTmatrixA ( 96% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score80
CmsWordPress
DownloadFree
DemoLink


7. Google Seo V2 Blogger Template

Template Blog Desa Gratis
Score Pagespeed Insight Mobile95
Score Pagespeed Insight Dekstop97
Score GTmatrixD ( 66% )
Friendly NavigasiYes
Integrasi Sosial MediaYes
Kompatibel PerangkatYes
Kompatibel BrowserYes
Seo Score91
CmsBlogger
DownloadFree
DemoLink


Itulah beberapa template web desa yang saya rekomendasikan baik free ataupun berbayar yang bisa anda gunakan.


Saran saya, lebih baik anda menggunakan template yang berbayar jika anda ingin membangun website desa untuk jangka panjang.


Karena jika yang berbayar, biasanya fiturnya lebih lengkap, mudah digunakan, bebas virus dan yang pasti sering mendapatkan update berkala dari pemilik template.