Cara Masuk ke Dashboard Admin Aplikasi SDGs Desa

Sebagai Pembina dan Ketua Pokja Relawan Pendataan Desa, tentu bertanya-tanya, terkait bagaimana kita bisa melihat hasil input data yang telah dimasukan kedalam aplikasi SDGs Desa.

 

Sudah seberapa banyak data yang telah diinput oleh Tim Relawan Desa? Bila salah bagaimana cara mengedit, menghapus, dan memperbaikinya? Lalu, bagaimana cara meng-eksport untuk memahami data yang lebih rincinya?

 

Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang lainnya, yang mungkin ada dibenak para Relawan Tim Pendata.

 

Namun, Anda tidak perlu kuatir. Karena dengan memanfaatkan api-sdgs.kemendesa.go.id, Anda bisa melihat semua data yang telah diinput ke aplikasi SDGs Desa.

 

Mulai dari penginputan data di level Desa, Rukun Tetangga (RT), Keluarga, hingga ke level warga.

 

Pokoknya semua bisa Anda lihat, di dashboard aplikasi tersebut.

 

Hal ini tentu berbanding lurus dengan apa yang telah diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 21/2020 Pasal 20, yang menyebutkan : data SDGs Desa adalah milik Desa.

 

Namun, ada tapinya.

 

Fasilitas untuk Admin Desa ini, hanya diperuntukan untuk Pembina dan Ketua Pokja Tim Relawan Desa, yaitu : Kepala Desa dan Seketaris Desa.

 

Untuk tim relawan pendata yang lain, kayaknya memang tidak diizinkan dan/atau tidak atur usename dan passwordnya oleh Kementerian PDTT untuk dapat masuk ke dashboard itu.

 

Lebih lengkap, terkait bagaimana cara masuk ke dashboard admin aplikasi SDGs Desa. Berikut ini saya uraikan sedikit langkah mudahnya.

 

Pertama, Anda buka alamat https://api-sdgs.kemendesa.go.id di mesin pencari ( Chrome, Yahoo, Ask, Opera, lainnya) atau bisa klik langsung di (link ini ).

 

Bila sudah terlihat : Login Ke SDGs Kemendes layaknya gambar dibawah ini.

 

Masuk admin aplikasi sdgs desa

 

Silahkan masuk Username menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Password menggunakan nomor handpone yang pernah didaftarkan dan dikirimkan kepada Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dulu.

 

login ke SDGs Kemendes

 

 

Setelah itu klik Login.

 

Bila NIK dan No Handphone Anda berhasil terecord di Kementerian Desa, maka tampilan “home” nya akan seperti ini.

 

 

Home api-sdgs.kemendesa.go.id

Home https://api-sdgs.kemendesa.go.id/

 

Namun bila belum berhasil login. Silahkan menunggu atau berkordinasi dengan Pendamping Lokal Desa dan/atau TPP yang lain, yang selanjutnya mereka akan menyampaikan ke jenjang yang lebih tinggi di Kemendesa PDTT.

 

Atau bila ada kendala atau masalah terkait aplikasi ini, silahkan kontak langsung ke nomor dibawah ini :

 

Danar : 0813-1122-0914
Dwi Bani : 0812-131-4857

 

Selanjutnya, bila Anda ingin mengedit ataupun menghapus serta mengeksport data tersebut.

 

Silahkan pilih menu “ Data Survey”, lalu pilih salah satu data survey yang ingin Anda lihat, misal : survey individu.

 

survey individu dashboard admin aplikasi sdgs desa

 

 

Maka setelah Anda klik “Survey Individu” dan klik “tampil” akan muncul data yang sudah pernah Anda diinput di aplikasi SDGs Desa.

 

data survey pemutakhiran data sdgs Desa

 

 

Setelah tampil, maka Anda bisa mengekport melalui tanda yang saya kasih angka (1), View diangka (2), Edit diangka (3), Delete diangka (4), serta print hasil survey diangka (5).

 

 

cara melihat hasil inputan aplikasi sdgs desa

 

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecekan dan/atau memonitoring secara harian, apa yang sudah dikerjakan oleh masing-masing Tim Pendata di Desa Anda.

 

Terakhir, begitulah tata cara singkat melihat pemutakhiran data SDGs Desa yang sudah terinput di dashboard admin aplikasi SDGs Desa dengan memanfaatkan api-sdgs.kemendesa.go.id. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

 

 

Dashboard Baru SDGs Desa https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id ( Update )

 

 

Kabar baiknya, setelah dilakukan beberapa kali maintence, dashboard baru SDGs Desa kini bukan hanya dapat digunakan untuk melakukan penginputan data secara online, tapi juga dapat untuk memasukan kuesioner hard manual survey.

 

Syarat utamanya, internet harus terkoneksi bisa menggunakan HP dan tablet.

 

Nah, bagi Desa yang telah melakukan pendataan SDGS Desa melalui kuesioner hard copy/kertas, silakan memasukkan data ke https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id menggunakan username : NIK admin Desa dan password : No Handphone admin Desa yang telah dimiliki.

 

Selanjutnya, bagi admin Desa yang tidak bisa login ke Dashboard Baru SDGs Desa, kemungkinan besar, masalahnya, username dan password sering diubah oleh admin Desa.

 

https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id

 

 

Maka untuk mengatasi hal tersebut, silahkan reset menggunakan username : NIK admin Desa dan password : No Handphone admin Desa yang telah dimiliki.

 

Namun, bila username dan password tetap tidak bisa login meskipun sudah direset, bisa menghubungi Sapa Desa atau no handpone berikut ini : 081218806075

 

Terakhir, sebagai perhatian, bahwa data SDGs Desa ini akan segera digunakan sebagai basis rekomendasi bagi desa, penyelenggaraan musdes RKPDes, dan bahan akuntabilitas kinerja pemanfaatan dana desa

 

Kementerian Desa PDTT siap mendukung analisis data tertentu untuk kebutuhan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat level desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional.

Cara Masuk ke Dashboard Admin Aplikasi SDGs Desa | Maryadi | 4.5