Sid.kemendesa.go.id : Cek Dana Desa Via Online

Sid.kemendesa.go.id merupakan situs yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi guna menfasilitasi keterbukaan publik.

 

Situs ini mendirect atau mengambil data secara langsung melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Desa (SIPEDE) yang input oleh masing-masing Tenaga Pendamping Profesional (TPP) disetiap Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan Desa.

 

Artinya, data yang dihasilkan dari situs ini merupakan data valid dan pure sesuai apa yang terjadi yang ada di desa, mulai dari Deskripsi Desa, IDM, Dana Desa, APBDes, BUMDes, Hingga BLT-DD dan juga SDGs Desa yang akan menjadi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021.

 

Bagi Anda yang selama ini penasaran dengan desa-nya, dan pengen tahu berapa jumlah dana desa yang sudah diterima atau belum di realisasikan.

 

Saat ini, Anda bisa mengeceknya data-data tersebut secara langsung via online melalui link yang sudah saya sediakan dibawah ini :

 

sid.kemendesa.go.id

 

Atau copy alamat https://sid.kemendesa.go.id/home dan paste di mesin pencari yang sudah terinstal di smartphone ataupun laptop Anda.

 

 

Sekilas Tentang Sid.kemendesa.go.id

 

 

Apabila Anda sudah berhasil membuka situs tersebut. Ada 2 pilihan pencarian data desa yang disedikan di halaman berAnda.

 

  1. Pencarian data berdasarkan Provinsi, dan
  2. Pencarian data berdasarkan Nama Desa.

 

Kedua pilihan pencarian data desa diatas, sebenarnya sama saja dalam menampilkan hasil. Akan tetapi yang membedakan hanya apabila :

 

  • Pencarian data desa berdasarkan Provinsi, memilihnya dari pilihan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan pilihan desa, Sedangkan untuk

 

  • Pencarian data desa berdasarkan Nama Desa, Anda hanya mengetikan Nama Desa sesuai Nama Desa yang Anda ingin cari.

 

Sebagai contoh, saya akan men-demonstrasi-kan bagaimana cara menggunakan sid.kemendesa.go.id dengan pilihan pencarian data berdasarkan Provinsi.

 

Tampilan Home sistem informasi desa kemendes

 

Diatas merupakan tampilan awal situs berdasarkan pencarian data Provinsi.

 

pencarian data desa berdasarkan provinsi di situs sid.kemendesa.go.id

 

Kemudian untuk tahap selanjutnya, Anda tinggal memilih Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa. Sebagai contoh, saya pilih: Provinsi Bali, Kabupaten Badung, Kecamatan Abiansemal, dan Desa Abiansemal.

 

Tunggu beberapa saat hingga ter-loading datanya.

 

deskripsi desa di http://sid.kemendesa.go.id/home

 

Maka, akan tampak hasil deskripsi desa untuk awalan data yang terload.

 

APBDes sistem informasi desa

 

Setelah itu, Anda tinggal pilih salah satu menu yang ingin Anda tampilan. Sebagai contoh, diatas saya pilih menu APBDes.

 

cek dana desa via online di sid.kemendesa.go.od

 

Terakhir, Anda tinggal geser tahun ke berapa dan klik tAnda (+) untuk menampilkan jumlah pendapatan, belanja, hingga pembiayaan.

 

Sebagai penutup : Anda bisa mencoba memilih-milih menu yang disedikan di situs iitu, untuk dapat menampilkan semua data yang selama ini belum Anda ketahui.

Sid.kemendesa.go.id : Cek Dana Desa Via Online | Maryadi | 4.5