http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id : Cek & Cetak Lapindu TPP

Pelaporan secara manual oleh Pendamping Desa tetap bisa dilakukan. Namun, terkait siapa yang menentukan titik lokasi dan Desa-desa pendampingan yang mana yang tidak memiliki sinyal internet secara tetap, itu menjadi kewenangan BPSDM Kemendesa PDTT.

 

Hari ini, Minggu, 25 April 2021, Aplikasi Daily Report Pendamping Desa memberikan notif/kabar yang menurut saya penting.

 

Pasalnya, mengutip dari aplikasi itu, Daily Report akan melakukan rilis perbaikan.

 

Nah, bagi Pendamping Desa atau biasa disebut Tenaga Pendamping Profesional (TPP) yang telah melakukan pendampingan dan menuliskannya di aplikasi itu.

 

Maka hasil databasenya pun bisa dilihat dan dicetak oleh masing-masing Pendamping Desa melalui: http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id, lengkap dengan jumlah jam kerja dan juga deskripsinya.

 

Selanjutnya, bagi pendamping yang belum memahami bagaimana cara loginya. Silahkan perhatikan panduan dibawah ini.

 

Pertama : copy alamat ini : http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id/login dan taruh alamat tersebut di tab baru browser Dekstop ataupun Smartphone Anda.

 

Kemudian, bila sudah tampak gambar screen seperti dibawah.

 

http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id/

 

Isi username dan password : ( lihat info yang tertera di aplikasi Daily Report masing-masing pendamping).

 

Setelah itu klik Log In.

 

Tunggu beberapa saat, jika tidak ada kendala ataupun down dari situs ini, maka Anda akan dibawa ke tab berita.

 

berita daily report pendamping desa

 

Selanjutnya, bila Anda ingin melihat input laporan seperti apa yang sudah saya sebutkan di atas, mulai dari skor jam kerja hingga ke rincian kegiatan pendampingan.

 

Anda bisa mencari menu PENDAMPING di pojok kiri bawah (versi dekstop) kemudian mengkliknya.

 

menu pendamping daily report

 

Setelah terlihat gambar seperti ini.

 

pendamping http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id/login

 

Lalu klik FILTER. Maka akan secara otomatis akan muncul pilihan seperti Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa, Jabatan, hingga ke Search (cari).

 

Menu filter aplikasi pendamping desa

 

Untuk mempermudah. Tanpa harus mengetik pilihan Provinsi hingga ke Jabatan. Anda cukup menuliskan Nama, atau NIK atau No Hp pada kotak Search.

 

Setelah muncul Nama, NIK atau No Hp Anda di pencarian. Lalu, pada kolom ACTION, klik ikon boks file, maka akan terbaca detail identitas pendamping, skor jam kerja, dan rincian kegiatan pendampingan.

 

jam kerja pendamping desa

 

Sebagai catatan, mengutip dari info yang tertera di aplikasi Daily Report. Disebutkan, bagi TPP yang bekerja di atas 140 jam per bulan, maka skor jam kerjanya 100.

 

Artinya, ia akan mendapatkan honor penuh 100 persen.

 

Selanjutnya, bagi Mereka yang belum memenuhi jam kerja dan/atau belum mencapai target skor. Maka, setiap tanggal 1-3 bulan berikutnya, pendamping masih bisa mengedit kesalahan maupun kekurangan seluruh kegiatan.

 

Kemudian, sebagai info penutup yang perlu dijadikan perhatian oleh TPP, bahwa setiap tanggal 4 bulan berikutnya, seluruh kegiatan pendamping otomatis menjadi laporan bulanan resmi dan ditandatangani secara elektronik oleh BPSDM yang langsung tersimpan di loker elektronik pendamping, serta langsung terkirim ke PPK untuk penghonoran.

 

Artinya, pendamping tidak lagi membuat atau mengirim laporan bulanan, semuanya tersusun dan terkirim secara elektronik dari Daily Report Pendamping Desa.

http://dailyreportpendamping.kemendesa.go.id : Cek & Cetak Lapindu TPP | Maryadi | 4.5