Apakah BLT Dana Desa akan Cair Lagi 2021? Ini Jawabannya

“Mas, apakah BLT Dana Desa akan cair lagi tahun 2021,” tanya salah satu mbak-mbak cantik melalui kolom wasap.

 

Fenomena pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) memang menjadi berita paling hot yang banyak diperbincangkan di tahun ini.

 

Saking hot-nya. Bahkan, terkadang pembaca pun tidak sadar,kalau isu tersebut sedang di goreng untuk mendatangkan ribuan klik ke websitenya.

 

Miris. Tapi itulah fenomena media saat ini.

 

Judulnya klik bait dan isinya banyak yang gak bermutu. Jadi tak heran, kalau media-media sekarang lebih mengutamakan berita provokasi ketimbang mendidik masyarakat untuk berfikir lebih beradap.

 

Tapi ya-sudahlah.

 

Kembali ke topik utama terkait apakah BLT dana desa akan cair lagi atau tidak di tahun 2021?

 

Sependek pemikiran saya, dan berdasarkan aturan yang saya baca yang termuat dalam Permendes 13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021.

 

Dikatakan, bahwa BLT dana desa itu AKAN TETAP DIPERPANJANG dan MASIH AKAN CAIR di tahun 2021.

 

Hal ini secara jelas termuat dalam pasal 5 ayat (2) huruf c yang mengatur adaptasi kebiasaan baru desa.

 

Adaptasi kebiasaan baru desa, sebagaimana dijelaskan dalam pasal 6 memuat dua dan delapan belas tujuan dari program SDGs Desa.

 

Kedua tujuan program SDGs Desa yang masuk dalam prioritas adaptasi kebiasaan baru desa itu, antara lain :

 

  1. Mewujudkan desa sehat dan sejahtera, dan
  2. Mewujudkan desa tanpa kemiskinan.

 

Dari kedua tujuan program diatas, dalam pasal 6 ayat (3) huruf a dan b dijelaskan lebih rinci, untuk apa kegiatannya.

 

Dalam hal mewujudkan program desa sehat dan sejahtera sebagaimana disebutkan dalam poin satu, dana desa dipergunakan untuk mendanai kegiatan desa aman covid-19.

 

Lalu kemudian, untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan sebagaimana tertulis di poin kedua. Dana desa masih tetap difokuskan untuk mendanai Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

 

Terlepas masih efektif atau tidaknya bantuan ini, untuk dapat mengurangi dampak ekonomi akibat timbulnya virus corona, dan apakah benar-benar bisa mewujudkan desa tanpa kemiskinan.

 

Saya kurang tahu persis dan tidak mau menanggapi lebih jauh.

 

Yang pasti, saya menerbitkan artikel ini, hanya untuk menjawab pertanyaan yang masuk di kolom wasap saya, sekaligus juga menjawab beberapa orang yang penasaran terkait diperpanjang atau tidaknya BLT dana desa di tahun 2021.

 

Lebih lanjut mengenai berapa lama dan berapa jumlah besaran yang akan dibagikan ke tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kita tunggu saja aturan selanjutnya.

Apakah BLT Dana Desa akan Cair Lagi 2021? Ini Jawabannya | Maryadi | 4.5